RS Bunda Group

Berita & Artikel

Aduh, Anak Terlambat Bicara

aduh-si-kecilku-terlambat-bicara-rs-bunda-group

Anak Anda hanya mengucapkan sedikit kata, padahal ia sudah berusia dua tahun. Jika dibandingkan dengan anak tetangga, teman, dan saudaranya, anak Anda tampak ketinggalan jauh. Keluhan terlambat bicara mungkin pernah Anda rasakan, dan berniat ke klinik anak.

Baca Juga: Konsultasi Kesehatan Anak ke Poli Anak

Masalah terlambat bicara sering kali menimbulkan kekhawatiran bagi orangtua. Anak-anak tumbuh dan berkembang sesuai kecepatannya masing-masing, dan ruang rentang batas normal cukup lebar untuk mengakomodasi variasi tersebut.

Keterlambatan bicara pada balita cukup umum terjadi, dan merupakan tipe keterlambatan perkembangan yang paling sering terjadi. Secara umum, seorang anak dianggap mengalami keterlambatan bicara apabila perkembangan bicara anak cukup jauh di bawah normal dibandingkan anak sebayanya.

Beberapa panduan perkembangan bicara normal sesuai usia dibawah ini mungkin dapat memberikan petunjuk mengenai perkembangan bicara si kecil:

Baca Juga: Pemeriksaan Pendengaran Pada Bayi dan Anak

Sebelum 12 bulan

Perhatikan apakah anak Anda mulai menggunakan suaranya untuk berinteraksi dengan lingkungan. Pada tahap awal akan dimulai dengan ocehan si kecil yang tidak bermakna. Saat usia sekitar 9 bulan, anak akan mulai merangkai bunyi-bunyian dan menyebut kata-kata seperti ‘mama’ dan ‘papa’. Pada usia 12 bulan, anak akan mulai dapat mengenali nama benda-benda sederhana.

Usia 12-15 bulan

Anak pada usia ini akan memiliki variasi bunyi yang bertambah pada ocehannya (seperti p, b, m, d, atau n). Si kecil juga akan mulai menirukan suara atau kata-kata yang disebutkan oleh keluarganya, dan mulai dapat menyebutkan kata tambahan selain ‘mama’ dan ‘papa’.

Si kecil pada usia ini juga akan mulai memahami dan menjalankan perintah sederhana, seperti mengambil benda kecil atau menggerakkan anggota tubuhnya.

Usia 18-24 bulan

Sebagian besar balita dapat menyebutkan sampai 20 kata pada usia 18 bulan, dan lebih dari 50 kata pada usia dua tahun. Di usia dua tahun si kecil juga mulai dapat merangkai kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata, seperti ‘bayi nangis’ atau ‘papa pergi’.

Pada usia ini juga anak akan mulai mengenali benda-benda yang umum, mengenali wajah pada foto, dapat menunjuk mata, telinga, atau hidung jika diminta, serta dapat mengikuti perintah dua tahap (contohnya seperti ‘Tolong ambilkan mainan itu, dan kasihkan ke mama’).

Usia 2-3 tahun

Bicara anak akan sangat meningkat pada usia ini, si kecil juga mulai dapat menggabungkan tiga kata atau lebih menjadi satu kalimat. Pemahaman anak terhadap percakapan juga akan meningkat, seperti perbedaan besar dan kecil, atas dan bawah. Berbagai faktor penyebab masalah kemampuan bicara dapat berasal dari:

  • Masalah fisik, seperti struktur mulut (lidah, bibir, rongga mulut).
  • Paparan terhadap lebih dari satu bahasa, yang terutama akan menyebabkan keterlambatan pada balita.
  • Kelemahan atau gangguan koordinasi otot yang terlibat dalam bicara. Kondisi neurologis yang mendasari keterlambatan perkembangan.
  • Gangguan pendengaran yang mungkin disebabkan oleh infeksi telinga, obat-obatan, cedera, atau kelainan genetik.
  • Faktor lingkungan. Kurang stimulasi atau contoh bicara yang tidak benar.

Baca Juga: Perkembangan Cephalocaudal dan Proximodistal pada Anak

Terapi Anak Terlambat Bicara

Jika Anda curiga buah hati mengalami keterlambatan bicara maupun bahasa, sebaiknya didiskusikan sedini mungkin saat kunjungan rutin dengan dokter. Perkembangan tiap anak cukup berbeda hingga sulit untuk membedakan apakah perkembangan si kecil sekarang masih dalam batas normal atau tidak.

Kalau memang mengalami lambat bicara, Anda perlu berkonsultasikan kondisi tersebut pada dokter atau ahlinya untuk menemukan terapi yang tepat. Terapi terhadap si kecil yang lamban bicara perlu identifikasi yang jelas karena tidak ada intervensi yang terbaik semua anak. Terapi disusun secara khusus untuk masing-masing anak sesuai permasalahan yang mendasari keterlambatan bicaranya.

Intervensi dini dapat mempercepat perkembangan bahasa anak secara keseluruhan dan memberikan hasil fungsional jangka panjang yang baik.

Dalam intervensi, keterlibatan orangtua sangat penting dan merupakan satu kesatuan dalam perkembangan bicara dan bahasa. Orangtua dapat melihat dan belajar terlibat dalam proses terapinya. Tanyakan kepada dokter atau terapis hal-hal apa yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu proses terapi. Hal ini diperlukan untuk memaksimalkan proses penyembuhan.

Tidak ada obat-obatan yang dapat membantu proses penyembuhan keterlambatan bicara. Hanya berbagai vitamin yang diresepkan dokter untuk membantu perbaikan general alertness dan kesehatan umum anak. Bila anak sehat maka csemua fungsi tubuhnya meningkat, termasuk kemampuan belajarnya.

Baca Juga: Waspada! Cek Kesehatan Anak di Klinik Alergi Anak

Tips Terapi Anak Terlambat Bicara

Buah hati yang lamban bicara memang membuat para bunda ketar-ketir. Tetapi hal itu dapat dihindari dengan beberapa tips agar memperoleh hasil terbaik dalam terapi bicara, yakni:

  • Berkomitmen. Semakin kuat komitmen Anda, hasil yang diperoleh akan semakin cepat dan memuaskan.
  • Konsisten. Datang pada setiap sesi terapi secara tepat waktu dan teratur.
  • Komunikatif. Tanya, klarifikasi, jika Anda belum mengerti apa yang dijelaskan dokter atau terapis.
  • Tertarik. Keluarga yang berpartisipasi dan antusias akan selalu dapat meningkatkan sesi terapi. Luangkan waktu sebanyakbanyaknya untuk berkomunikasi dengan si kecil sejak bayi, dapat dengan mengajak bicara, bernyanyi, dan menirukan bunyi atau gerakan.
  • Follow up. Pastikan Anda paham dan mengerti dengan jelas tentang terapi apa yang diberikan dokter atau terapis untuk dikerjakan di rumah. Berikan masukkan bagi terapis tentang keberhasilan tugas tersebut, pada kunjungan berikutnya.
  • Terbuka. Terbuka menceritakan harapan dan pengalaman yang pernah dialami dengan buah hati Anda yang terlambat bicara.
  • Peka. Waktu adalah sumber berharga bagi setiap orang. Berkoordinasilah selalu dengan terapis.

Baca Juga: Klinik Anak untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

Jika semua upaya telah dikerahkan namun anak tetap terlambat bicara, Anda mungkin perlu mengunjungi unit medis profesional untuk anak. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: