RS Bunda Group

Berita & Artikel

Waspada! Cek Kesehatan Anak di Klinik Alergi Anak

  • Beranda
  • Waspada! Cek Kesehatan Anak di Klinik Alergi Anak
waspada-cek-kesehatan-anak-di-klinik-alergi-anak-rs-bunda-grup

Orang tua perlu mewaspadai alergi pada anak melalui tanda dan keluhan yang dirasakan, karena sejumlah jenis alergi bisa mengancam jiwa. Hal ini menjadi penting untuk mengetahui alergi pada anak sejak dini, salah satunya melalui konsultasi di Klinik Alergi Anak. Namun, sebenarnya apa itu alergi? Yuk simak pembahasan lebih lanjut mengenai alergi di bawah ini.

Baca Juga: Kenali Test Mantoux untuk Anak

Pengertian Alergi

Sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pembasmi benda asing atau zat yang dianggap berbahaya dalam tubuh, seperti virus, racun dan kuman. Namun, sistem kekebalan tubuh bisa bereaksi secara berlebihan terhadap suatu zat atau benda yang sebenarnya tidak berbahaya yang akhirnya menimbulkan alergi. Oleh karena itu, alergi dapat diartikan sebagai reaksi kekebalan tubuh (respon imun) yang berlebihan terhadap suatu hal tertentu, yang seharusnya tidak timbul reaksi bagi orang lain. 

Umumnya, alergi muncul pada usia anak-anak dan mulai mereda seiring bertambahnya usia. Reaksi terhadap alergi tiap anak berbeda, seperti ruam kulit, batuk, flu, hingga sesak napas. Lalu, apa saja yang bisa menjadi penyebab alergi pada anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Alergi

Alergi dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab dan reaksi alergi yang dirasakan pada anak juga berbeda-beda. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab alergi pada anak:

1. Faktor Genetik

Kemungkinan anak mewarisi alergi pada Ibunya sebesar 40%. Hal ini diakibatkan karena alergi dapat diturunkan secara genetik. 

2. Faktor Makanan dan Minuman

Umumnya, zat pada makanan yang dapat memicu alergi pada anak ditemukan pada susu sapi, cokelat, minuman dingin, atau makanan yang mengandung pengawet. Anak juga bisa terpapar zat alergen melalui ASI, dikarenakan bahan makanan yang Ibunya konsumsi.

3. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan seperti cuaca, polusi udara, asap rokok, bulu hewan, tungau, dan lainnya dapat menjadi pemicu alergi pada anak. 

Jenis-jenis Alergi

Alergi memiliki banyak jenis dengan reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Berikut merupakan jenis-jenis alergi yang seringkali ditemukan pada anak:

Baca Juga: Konsultasi Kesehatan Anak ke Poli Anak

1. Alergi Makanan

Alergi makanan pada anak muncul dikarenakan zat tertentu yang ada makanan dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Gejala yang umum muncul apabila memiliki alergi terhadap makanan tertentu ditandai dengan ruam pada kulit dan terasa gatal, mual, diare, hingga sesak napas. 

2. Alergi Debu

Alergi debu pada anak umumnya terjadi ketika menghirup debu yang terbawa melalui udara. Selain itu, alergi debu juga bisa dipicu melalui kotoran tungau, spora jamur, serbuk sari tanaman, atau juga bulu hewan. Reaksi yang muncul akibat alergi debu seperti asma dan rhinitis alergi yang ditandai dengan gejala pilek, bersin, mata berair, hidung gatal, hingga hidung tersumbat.

3. Alergi Obat

Alergi obat pada anak dapat terpicu oleh zat yang terkandung dalam suatu obat. Gejala yang dapat muncul pada alergi obat ditandai dengan gatal-gatal, ruam kulit, pilek, pembengkakan, mata berair, demam, hingga sesak napas. 

4. Alergi Dingin

Alergi dingin pada anak ditandai dengan kulit memerah, bengkak, hingga gatal. Salah satu cara untuk meredakan alergi dingin pada anak adalah dengan memberikan baju tebal dan makanan atau minuman hangat untuk menurunkan suhu tubuh anak. 

5. Alergi Bulu Hewan 

Alergi bulu hewan pada anak dapat ditandai dengan gatal pada kulit, bersin, hingga sesak napas ketika berdekatan dengan hewan. 

6. Alergi Zat Kimia

Reaksi zat kimia pada anak dapat disebabkan oleh zat kimia yang terkandung pada beberapa produk, seperti deterjen, pewangi pakaian, dan produk lainnya yang berkenaan langsung pada anak. Alergi ini ditandai dengan gatal-gatal dan ruam pada kulit.

7. Eksim Atopik

Alergi ini umumnya muncul pada anak usia bayi. Namun, tak sedikit juga usia dewasa yang mengalami alergi eksim atopik. Beberapa pemicu alergi eksim atopik meliputi cuaca, makanan, bulu hewan, hingga bahan pakaian yang dikenakan. Reaksi yang timbul dari alergi ini ditandai dengan ruam pada kulit, gatal-gatal, dan kulit bersisik. 

Kunjungi Klinik Alergi Anak

Kapan saat yang tepat untuk mengunjungi Klinik Alergi Anak? Semakin dini alergi pada anak diketahui, semakin jelas pula cara penanganan alergi pada anak oleh orang tua. Penting untuk mengetahui alergi pada anak sejak dini agar anak bisa mendapatkan penanganan yang tepat. 

Klinik Alergi Anak dapat membantu orang tua untuk mengidentifikasi jenis dan penyebab alergi yang diderita anak. Melalui Klinik Alergi Anak, dokter dapat melakukan pemeriksaan yang tepat dengan menentukan terapi yang sesuai bagi anak. 

Baca Juga: Pemeriksaan Pendengaran Pada Bayi dan Anak

Reservasikan jadwal pemeriksaan kesehatan anak Anda di Klinik Alergi Anak. Ketahui juga jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: