News

Faktor-Faktor Yang Membuat Kehamilan Beresiko Tinggi

blog article

HIGH RISKS PREGNANCY Adalah kehamilan yang berpotensi terjadinya komplikasi saat kehamilan, baik yang terjadi pada ibu atau bayinya, bahkan keduanya.

Apa saja faktor-faktor yang bisa membuat kehamilan seseorang menjadi beresiko tinggi atau berpotensi terjadi komplikasi?, diantaranya adalah :

  1. Usia si ibu yang terlalu muda (dibawah usia 18th) atau terlalu tua untuk hamil (35th atau lebih) dimana usia muda secara mental belum siap mengemban tugas dan tanggung jawab sedangkan pada ibu usia tua beresiko tinggi memiliki bayi dengan kelainan bawaan atau cacat.
  2. Seorang perempuan yang memiliki penyakit jantung, paru-paru, tekanan darah tinggi, diabetes melitus (kencing manis), penyakit menular seksual, infeksi, dst. Ibu dengan penyakit jantung atau paru-paru yang berat harus dipersiapkan persalinannya sebaik mungkin dengan fasilitas RS yang meiliki ICU dan NICU untuk back up bila diperlukan saat terjadi komplikasi. Pada kehamilan dengan diabetes bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat sangat kecil (pertumbuhan janin terhambat) atau malah sangat besar hingga ibu tidak bisa lahir normal atau bisa juga menyebabkan kematian bayi didalam kandungan secara tiba-tiba.
  3. Infeksi pada ibu hamil yang paling sering menimbulkan kontraksi dan akhirnya menyebabkan persalinan prematur diantaranya adalah ISK (Infeksi saluran Kencing) dan infeksi di area kemaluan.
  4. Janin gemeli atau kembar. Kehamilan kembar terlebih bila kembar lebih dari 2 bayi sangat beresiko lahir prematur. Oleh karenanya pada kehamilan kembar apalagi bila beresiko lahir prematur sebaiknya lahir di RS yang tentunya memiliki fasilitas NICU yang baik dan lengkap.
  5. Kehamilan dengan plasenta previa atau plasenta letak rendah beresiko perdarahan selama kehamilan sehingga ibu hamil dengan kondisi plasenta seperti ini harus waspada dan menghindari hal-hal atau kegiatan yang bisa memicu perdarahan.
  6. Beberapa kelainan bawaan janin dan posisi abnormal janin yang menyebabkan ibu tidak bisa melahirkan secara normal.

 

Jika Bunda memiliki faktor diatas, sangat penting bagi bunda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk hamil. Dokter akan menjalankan serangkaian tes, memberikan obat, dan memberitahu tindakan pencegahan yang perlu diambil untuk mengoptimalkan kesehatan wanita dan calon bayinya.

dr. Nana Agustina, SpOG - RSIA Bunda Jakarta


(KONSULTASIKAN DIRI ANDA SEGERA !)

#savingliveswithbunda #rsiabundajakarta #rsbundagrup #bmhs1973

Call Centre : 1-500-799


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.