News

ANC (Antenatal-care) pada masa pandemi covid-19

blog article

ANC merupakan perawatan ibu dan janin selama kehamilan. 

Hal ini sangatlah diperlukan. Melalui ANC berbagai informasi serta edukasi terkait kehamilan dan persiapan persalinan bisa diberikan kepada  ibu sedini mungkin, seperti misalnya mengetahui kondisi kehamilan, apakah merupakan kehamilan dengan resiko tinggi atau tidak dan mengetahui tindakan apa yang harus diambil oleh dokter saat mendekati waktu persalinan. 

Pemeriksaan kehamilan di masa pandemi ini tentulah memberikan banyak kekhawatiran. Namun hal ini tetaplah sangat penting dilakukan. Mengingat ibu hamil dan menyusui rentan terhadap infeksi virus termasuk Covid-l9. Salah satu penyebabnya mereka memiliki imunitas yang rendah karena perubahan hormon selama hamil dan menyusui. 

Pelayanan antenatal pada kehamilan normal di masa pandemi ini dapat dilakukan minimal enam kali dengan rincian dua kali di Trimester 1, satu kali di Trimester 2, dan tiga kali di Trimester 3.

TRIMESTER PERTAMA

Pemeriksaan kehamilan pertama kalinya harus dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan oleh dokter untuk skrining faktor resiko kehamilan dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik dan benar.

Pada masa pandemi, sebelum tatap muka, ANC dapat dilakukan dengan melakukan perjanjian terlebih dahulu (tele-registrasi) agar tidak terlalu lama menunggu di fasilitas kesehatan. 

TRIMESTER KEDUA

Pada trimester kedua, ANC dapat dilakukan dengan melalui media komunikasi/ secara daring (Telemedicine), kecuali apabila dijumpai beberapa keluhan dan gangguan kesehatan yang harus ditangani secara langsung.

TRIMESTER KETIGA

Pada trimester ketiga, ibu harus melakukan pemeriksaan oleh dokter dengan menerapkan protokol kesehatan, guna mengetahui faktor resiko persalinan, menentukan tempat dan mempersiapkan proses persalinan. Pemeriksaan kehamilan dilakukan hingga menjelang persalinan.

Ibu hamil tetap diminta untuk mempelajari dan menerapkan buku KIA dalam kehidupan sehari-hari.

- Mengenali TANDA BAHAYA pada kehamilan.

- Memeriksa kondisi dirinya sendiri dan gerakan janinnya.

Sedangkan keluhan-keluhan umum seperti mual dan muntah, heartburn, keram pada kaki, nyeri punggung, konstipasi, varises tungkai dan edema adalah hal yang cukup wajar bagi ibu hamil. Untuk itu diharapkan ibu hamil tidak perlu terlalu panik. 

Meski ibu banyak di rumah, tetaplah aktif bergerak. Kalau sebelumnya ibu hamil sering  berolahraga, seperti senam hamil, yoga, pilates, Ibu tetap bisa terus melakukannya di rumah agar tetap bugar dan sehat. 

Ibu hamil juga diharapkan senantiasa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, suplemen yang diperlukan atas saran dokter kandungan dan kebidanan, serta harus tetap menjalankan protokol kesehatan di berbagai kondisi yang memerlukannya.



dr. Yasmine Hasby, SpOG - RSIA Bunda Jakarta

Jadwal Praktek : Selasa dan Kamis

Pukul : 08.00 – 10.00


Copyright © RS Bunda Group. All Rights Reserved.