RS Bunda Group

Berita & Artikel

Lindungi Senyum Anda dengan Rutin ke Poli Gigi

  • Beranda
  • Lindungi Senyum Anda dengan Rutin ke Poli Gigi
lindungi-senyum-anda-yuk-rutin-ke-poli-gigi-rs-bunda-grup

Penting untuk mencegah penyakit pada gigi dan mulut dibandingkan mengobati gigi yang sudah dalam kondisi buruk.  Namun, tak jarang ditemukan orang-orang yang mengabaikan hal ini. Sebaiknya, apabila gejala atau keluhan pada gigi dan mulut muncul, segera lakukan kunjungan ke Poli Gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 13 Penyakit Gigi dan Mulut yang Paling Umum

Kapan Harus ke Poli Gigi?

Apabila Anda merasakan gejala atau keluhan seperti di bawah ini, segera lakukan pemeriksaan ke Poli Gigi.

1. Timbul Rasa Sakit

Ketika makan, minum, atau bahkan mulut sedang tidak melakukan aktivitas apapun tetapi gigi terasa sakit, maka ini dapat menjadi tanda adanya kerusakan pada gigi. Penting untuk segera diperiksa di Poli Gigi agar dapat ditangani sebelum kerusakan pada gigi bertambah parah.

2. Gusi Mudah Berdarah

Darah saat menggosok gigi seringkali dianggap sebagai kecelakaan kecil semata, namun keluar darah ketika menggosok gigi bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah pada gusi. Kemungkinan, terjadi peradangan atau iritasi pada gusi. Jika merasakan gejala ini, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di Poli Gigi.

Baca Juga: Periksa Gigi dengan Pemeriksaan Panoramic

3. Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis umumnya disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik. Apabila bau mulut tetap tercium walaupun sudah menyikat gigi, maka salah satu penyebabnya adalah terdapat lubang pada gigi atau infeksi yang tidak dirawat. Segera periksakan apabila bau mulut tidak kunjung hilang.

4. Gigi Sensitif

Rasa nyeri atau ngilu pada gigi saat mengonsumsi makanan dingin, panas, ataupun asam menandakan gigi sensitif. Hal ini perlu juga menjadi perhatian Anda karena gigi sensitif disebabkan oleh adanya kikisan lapisan pelindung gigi atau enamel, gigi retak, patah, atau berlubang, serta menyusutnya gusi akibat teknik menyikat gigi yang kurang tepat. Periksakan ke Poli Gigi apabila Anda mengalami gejala gigi sensitif.

5. Timbul Luka di Rongga Mulut

Luka di rongga mulut seperti sariawan menjadi salah satu keluhan yang dialami oleh banyak orang. Luka bisa juga disebabkan karena adanya bagian gigi yang tajam, penggunaan perangkat gigi, kurang asupan vitamin, atau perubahan hormonal yang mengakibatkan adanya trauma tergigit.

Hal ini bisa diatasi dengan berkumur air hangat yang dicampur garam atau mengaplikasikan gel penghilang rasa sakit. Namun, apabila luka bertambah besar dan tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan di Poli Gigi agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

6. Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia merupakan kondisi di mana rongga mulut kekurangan air liur. Faktanya, rongga mulut sangat membutuhkan air liur karena berfungsi sebagai pertahanan utama mulut terhadap kerusakan gigi, serta menjaga kesehatan jaringan lunak di rongga mulut. Apabila mulut kering dalam jangka waktu yang lama, segera periksakan ke Poli Gigi untuk mencegah kerusakan pada mulut.

Rutin Mengunjungi Poli Gigi

Penting untuk memeriksakan gigi secara rutin di Poli Gigi. Untuk anak berusia 0-1 tahun, disarankan untuk memeriksakan gigi sejak gigi pertamanya tumbuh. Untuk anak usia 1 (satu) tahun ke atas, sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 (enam) bulan sekali, berlaku juga untuk usia remaja dan dewasa. Hal ini bertujuan agar penyakit pada gigi dan mulut dapat dicegah sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah. 

Spesialisasi Gigi

Berikut merupakan cabang spesialisasi dokter gigi yang ada di Indonesia:

  • Endodontis atau Spesialis Konservasi Gigi (Sp. KG)
  • Spesialis Penyakit Mulut (Sp. PM)
  • Spesialis Bedah Mulut (Sp. BM)
  • Ortodontis atau Spesialis Ortodonsia (Sp. Ort)
  • Periodontitis atau Spesialis Periodonsia (Sp. Perio)
  • Pedodontis atau Spesialis Kedokteran Gigi Anak (Sp. KGA)
  • Spesialis Prostodonsia (Sp. Pros)

Baca Juga: Karies Gigi Pada Anak: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Gigi Sehat bersama Bunda

Ternyata, penting sekali untuk memastikan kesehatan gigi di Poli Gigi. Gigi dan mulut yang sehat tentunya akan memberikan kenyamanan bagi Anda ketika melakukan kegiatan sehari-hari, khususnya aktivitas yang menggunakan rongga mulut seperti makan dan minum.

RS Bunda Group hadir menjadi solusi bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin pada gigi dan mulut Anda di Poli Gigi Bunda yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas berteknologi maju dan tim pemeriksaan gigi yang berpengalaman.Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group selengkapnya mengenai layanan kesehatan lainnyan sesuai kebutuhan Anda.

Bagikan Artikel Ini: